Senin, 26 Maret 2012

Ensiklopedi Muhammad


Begitu banyak buku yang mengupas kehidupan dan pribadi diri Rasulullah Muhammad Saw. Tapi, buku ensiklopedi Muhammad yang diterbitkan ini memiliki banyak keistimewaan. Keistimewaan yang dimilikinya antara lain :
  • Satu-satunya buku yang mengupas pribadi Nabi Muhammad Saw dari 10 aspek status dan profesi terpenting manusia dalam hidup : sebagai nabi, pribadi mulia, pedagang, suami dan ayah, pendidik, pecinta ilmu, negarawan, pemimpin militer, hakim, dan pejuang kemanusiaan.
  • Metoda penulisan buku merupakan gabungan dari metode kronologis dan tematis. Metode kronologis adalah metode penulisan buku-buku biografi nabi pada umumnya, menyampaikan kronologis hidup Nabi dari lahir hingga wafat (dijumpai dalam paruh pertama jilid 1). Sedangkan metode tematis adalah metode penulisan yang menyoroti aspek-aspek tertentu dari Nabi (dijumpai dalam keseluruhan jilid). Pembahasan tematik kehidupan Nabi ini selalu diperkuat dan didukung oleh cuplikan kisah teladan  Nabi Muhammad beserta sahabatnya untuk setiap tema.
  • Ditulis oleh cendekiawan terkemuka Pakistan, Afzalur Rahman. Beliau sudah dikenal oleh pembaca Indonesia pada era 90-an lewat bukunya Muhammad sebagai seorang pedagang, baru-baru ini, karyana yang lain, Qur'anic Sciences, yang diterbitkan oleh Mizan Pustaka dengan judul Ensiklopediana Ilmu-ilmu dalam Al qur'an, menjadi buku yang laris diminati pembaca tanah air.
  • Merujuk pada kitab-kitab karya ulama klasik; kitab habis sunni yang enam (Shihah Shittah), Sirah Ibn Ishaq, Ibn Hisyam, Ibn Sa'd, Thabari, dan tafsir mu'tabarah (Ibn Katsir, dll)
  • Diperkaya dengan kontribusi sekian banyak artikel dan tulisan ulama-ulama terkemuka dunia islam sejak zaman klasik hingga modern, seperti Al Ghazali, Ibn Al-Qayyim, Hamka, dll.
  • Disunting dan diperkaya oleh redaksi Pelangi Mizan, sehingga lebih ringkas, padat, informatif, dengan tambahanmateri dan ilustrasi visual yang menarik dan artistik. Materi tambahan berasal dari dalam dan luar negeri.
  • Rujukan silang ke buku-buku program long life learning lainnya : Atlas Budaya Islam, Ensiklopedi Bocah Muslim, dan Tafsir Muhammad Asad
 Buku ensiklopedi Muhammad Saw ini terdiri dari 10 jilid. Masing-masing Jilid memiliki tema tersendiri.


Testimoni para tokoh :
"Pernah saya bertanya-tanya, siapa tokoh yang paling memengaruhi manusia? Saya lebih dari yakin bahwa bukanlah pedang yang memberi kebesaran pada Islam di masanya. Ia datang dari kesederhanaan, kebersahajaan, dan kehati-hatian Muhammad serta pengabdiannya yang luar biasa kepada sahabat dan pengikutnya, tekadnya, keberaniannya, juga keyakinannya pada Tuhan dan tugasnya. Semua inilah bukan pedang, yang menyingkirkan segala halangan. Ketika menutup halaman terakhir Biografi Muhammad, saya sedih karena tiada lagi cerita dari hidupnya yang tersisa." __MAHATMA GANDHI (dalam Young India)
"Saya percaya, jika manusia seperti Muhammad diserahi kendali kepemimpinan dunia modern, dia akan berhasil menyelesaikan problem-problemnya sehingga dunia akan mendapatkan kedamaian dan kebahagiaan"                                                                         __GEORGE BERNARD SHAW (Nobelis Sastra 1925)
 ______masih banyak testimoni lain yang akan Anda temukan dalam setiap jilid bukunya.




Tunggu apalagi? Yuks lengkapi, pengetahuan kita dengan Ensiklopedi Muhammad dirumah Anda. 

Hubungi saya di misslulu2828@gmail.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar